Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aduh, Twitter Kok Jadi Pasang Fleets? Berikut Keuntungan dan Kerugiannya

fleets-twitter
Fitur Fleets Twitter. Foto: The Verge via Kompas

Sore ini aku tetiba pengen cek sejumput tagar yang viral di Twitter. Ketika kulihat, ternyata ada fitur baru. Kata si Twitter, namanya sih, Fleets. Jujur saja, di awal uji peluncurannya pada Juni lalu, aku tidak begitu mengikuti perkembangan yang terjadi, juga dengan Fleets itu sendiri.

Tapi, gegara di Twitter rame ciutan tentang Twitter Story, akhirnya aku kembali cek akun Twitter-ku sendiri. Ternyata? Enggak ada! Mau tidak mau, harus aku update dulu aplikasinya di Google Playstore.

Syahdan, aku pun membuka akun Twitter kembali. Dan, Yah! Ternyata ini yang namanya Fleets. Ialah fitur baru Twitter yang kukira mirip seperti Instagram Story maupun Facebook Story. Hemm. Sontak saja, ramai deh para Followers-ku yang ikut-ikutan coba unggah Fleets.

Mengenal Fleets, Fitur Baru Twitter yang Mirip dengan Story Instagram

Kata Twitter dalam situs resminya, pihaknya mengaku telah melakukan ujicoba fitur Fleets di beberapa negara seperti Brazil, Italia, India, hingga Korea Selatan. Hasilnya?

Tertuang dalam tuturnya pada hari Rabu kemarin, pihak Twitter melihat bahwa orang-orang yang menggunakan Fleets lebih banyak berkomunikasi di Twitter karena memang konten Fleets mirip dengan Instagram. Sama-sama bisa bertahan selama 24 jam.

fleets-twitter-fitur-ozyalandika
Fitur Fleets Twitter. Dok. Ozyalandika.com

Jika kamu termasuk pengguna Twitter, kamu bisa mengunggah Fleets dalam bentuk teks, foto, hingga video yang bisa diunggah dari galeri smartphone serta jepret foto secara langsung.

Nah, sama persis dengan fitur Story Instagram, kan? Bahkan, letak Fleet dan letak story IG juga sama persis, yaitu berjejer di sebelah story Fleet kita di atas tweet akun-akun yang kita Follow. Bedanya, Twitter belum memasang fitur live broadcasting dan stiker.

Twitter Kok Jadi Pasang Fleets? Berikut Keuntungan dan Kerugiannya, Menurutku

Entah lucu entah tidak, kukira, dengan adanya fleets, suasana Twitter bisa jadi untung dan bisa jadi malah menambah badmood. Terang saja, terkadang diri ini resah bila harus sibuk memperhatikan story teman yang (mungkin) tidak terlalu penting.

Apalagi ketika story tersebut berkisah tentang privasi, omelan, cacian, makian. Yah, nambah dosa kita saja, kan? Hemm. Meski begitu, namanya fitur terbaru ya pasti ada keuntungan bagi para pengguna, juga pasti ada kerugian bagi diri yang tidak begitu nyaman.

Keuntungan: Memudahkan Para Pengguna Twitter untuk Berbagi Kisah dan Promosi

Ini sudah pasti, kan? dari sekian banyak para pengguna Twitter, pasti ada sejumput dari mereka yang senang mengunggah story. Entah itu sekadar kata-kata mutiara, cacian, omelan, makian, foto baju baju, hingga video lucu, pasti ada kesan tersendiri bila story tersebut ditatap oleh orang lain.

Makin banyak yang melihat story, bisa jadi si pengguna akun jadi semakin gembira, riang, serta bahagia nan membuncah. Sedangkan kalau yang melihat story hanya sedikit, jadi ambyar. Hemm

twitter
Twitter. Foto: Pixabay

Nah, bisa jadi keberadaan Twitter nantinya juga demikian. Hadirnya Fleets membuka kesempatan yang luas bagi pengguna Twitter untuk bereksplorasi. Entah itu pamer kekayaan, pamer foto diri, pamer keseharian, hingga pamer kesepian, seakan-seakan sudah jadi keseruan tersendiri.

Bahkan, kehadiran Fleets juga bisa sangat menguntungkan para pebisnis online. Secara otomatis, mereka akan lebih leluasa untuk melakukan promosi layaknya di story Facebook, Whatsapp, hingga Instagram. Artinya, jangkauan promosi dan insight mereka bakal lebih luas.

Jangan-jangan ke depannya Twitter akan memasang fitur bisnis sistem usap layar di Twitter? Bisa jadi, kan. Apalagi kalau para penggunanya merespon fitur Fleets hari ini secara positif. Hemm

Kerugian: Rawan Spam, Penggunanya akan Lebih Lama Online di Twitter

Selama menyaksikan IG Story, Facebook Story, hingga Whatsapp Story, mungkin tidak sedikit dari kita yang menganggap bahwa ada pula sejumput dari story tersebut yang berbau spam.

Sebut saja seperti story pamer kekayaan, kemewahan, keseharian unfaedah, kegalauan, hingga curhat enggak penting, menurutku hal ini bisa dikategorikan sebagai spam. Dan sekarang, di Twitter bakal ada juga! Hemm.

Padahal, belum lama ini aku memahami bahwasannya Twitter itu sedikit lebih Private dibandingkan dengan akun medsos lainnya. Tapi semenjak hadirnya Fleets, bisa jadi akan ramai aib orang yang terpampang di smartphone kita.

Barangkali, selama ini juga banyak orang yang main Twitter demi menghindari story yang mungkin memuakkan. Tapi sekarang, kemuakan itu bisa saja datang lagi. Dan, kalau aku boleh berpandang, aku bakal lebih muak jikalau harus menghabiskan waktu lebih lama untuk Twitteran.

Bagaimana tidak, Fleets pasti mengundang bin membangkitkan gairah bagi para pengguna Twitter untuk terus menggeser story. Makin banyak story dan Follower, makin lama pula waktu kita habis di Twitter.

Sekarang, bayangkan saja. Aku misalnya. Aku punya akun FB, IG, WA, dan Twitter. Semuanya pake story. Kalau aku aktif di 4 jenis medsos ini, rasanya waktuku akan banyak terbuang.

Alhasil, jikapun aku maupun kamu bisa bijak menggunakan fitur Fleets Twitter untuk hal-hal yang tidak sia-sia, mungkin tidak masalah, ya. Tapi kalau kebanyakan ruginya. Ya sudah, uninstall aja, deh. Hemm

Salam.

10 komentar untuk "Aduh, Twitter Kok Jadi Pasang Fleets? Berikut Keuntungan dan Kerugiannya"

  1. Saya sebagai pengguna twitter sejak th 2011. Merasa aneh bangt... malah kayak aplikasi sebelah.

    Btw, ayok followan twitter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya baru 4bulan pake twitter, Pak. Hehehe.
      Tengkyu, Pak Guru. ahsiyyap. Otewe

      Hapus
  2. Mantep gan, blogwalking di blog andhikayp.com ya gan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahsiyyap, tengkyu atas apresiasinya. Otewe gan. Hehe

      Hapus
  3. Saya ga pnh pake aplikasi Twitter. Kalo mau berceloteh tinggal buka dr browser HP atau laptop. Jd apapun fitur barunya ga bakal kepake, hahah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bentar lagi bakal pake, ya, Bu. wkwkwk
      Kabuuuur

      Hapus
  4. Apa itu Fleets tidak mempengaruhi hidup saya. Saya nongkrong di Twitter untuk mantau hujatan-hujatan politik belaka... Wkwkwkw salam follow @this_affin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk. Bener sih Pak. Rame hujatan. Ntar nambh pula hujatan di story Twitter. Hahaha
      Makasih atas hadirnya, Pak. Otewe

      Hapus