Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak Sulit, Begini Tutorial Memperkecil Ukuran dan Resolusi Foto di Photoscape

Tidak Sulit, Begini Tutorial Memperkecil Ukuran dan Resolusi Foto di Photoscape-ozyalandika
Memperkecil Ukuran dan Resolusi Foto di Photoscape. Dok. Ozyalandika.com

Di era digitalisasi seperti saat sekarang ini, tidak jarang pihak kantor, pihak sekolah, hingga beragam lembaga lainnya sering meminta file foto dengan ragam ukuran dan resolusi tertentu. Gara-gara hal itu, beberapa dari kita sering dibuat kesulitan bin kesusahan dalam menanganinya.

Bagi kita yang akrab dengan berbagai aplikasi pengedit foto dan gambar, mungkin hal semacam itu sepele saja. Tapi, bagaimana dengan kita yang kurang mahir menggunakan aplikasi edit-editan?

Alhasil, beberapa dari kita akan senantiasa meminta tolong teman, kerabat, saudara, hingga tukang fotokopi demi mengedit ukuran dan resolusi foto sebagaimana yang dikehendaki oleh pihak administrasi lembaga. Bayar? Ya, bisa jadi. Kan bisa jadi ladang bisnis. Upps!

Kebetulan aku juga demikian. Maksudku, beberapa kali aku sering dimintai tolong untuk memperkecil ukuran foto atau gambar, serta mengatur resolusinya dengan takaran tertentu. Bayar apa gratis?

Gratis, dong! Soalnya aku belum punya toko fotokopi. Pun, memperkecil ukuran dan resolusi gambar dan foto itu tidaklah sulit. Mau tutorialnya? Baiqlah, akan kusajikan di sini, ya:

Biasanya, kalau soal memperkecil ukuran maupun resolusi foto aku biasanya menggunakan aplikasi Photoscape. Ya, kalian semua tahu bahwa aplikasi Photoscape cenderung ringan dan ramah untuk dipasang di laptop/notebook.

Biasanya juga, setiap kali kita menginstal laptop di toko komputer, pihak teknisi selalu menghadiahkan aplikasi edit foto dan gambar yang bernama Photoscape. Lah, mengapa tidak Adobe Photoshop saja yang dikasih?

Setahuku, Photoshop kebanyakan susah kita cari cracknya. Syahdan, Photoshop terutama yang versi terbaru cukup berat jika dipasang di laptop. Karena kali ini tutorialnya tentang memperkecil ukuran dan resolusi foto, kita pakai Photoscape saja, ya.

Langsung saja, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Photoscape di laptop/notepad-mu. Kalau belum punya, bisa unduh di sini. Setelah terbuka, maka tampilan aplikasi Photoscape akan seperti ini:

tampilan-awal-photoscape-ozyalandika
Tampilan Awal Photoscape. Dok. Ozyalandika.com

  • Setelahnya, kamu tinggal klik “Gabung”, kemudian pilih “Tambah”, klik “Menambah Foto”, lalu masukkan gambar maupun foto yang ingin kamu ubah. Cara lain, kamu juga bisa menyeret foto/gambar dari dokumen di laptopmu. Cara ini lebih mudah.

menu-tambah-foto-photoscape-ozyalandikaMenu Tambah Foto di Photoscape. Dok. Ozyalandika.com

  • Dari layar fotomu, klik “Edit”, lalu arahkan kursor mouse menuju menu “Atur Ukuran”. Di sana sudah tersedia lebar dan tinggi dalam ukuran piksel, serta aspek rasio dalam bentuk persen.
  • Silakan kamu masukkan ukuran foto atau gambar yang dipersyaratkan. Misalnya, ukuran 200x200 piksel.

mengatur-resolusi-dan-ukuran-foto-di-photoscape
Mengatur Resolusi dan Ukuran Foto di Photoscape. Dok. Ozyalandika.com

  • Kalau sebelumnya ukuran fotomu bukan ukuran persegi, sedangkan inginmu adalah persegi dengan ukuran piksel yang sama, maka kamu buang tanda centang yang ada di kolom “pertahankan aspek rasio”, lalu masukkan ukuran foto yang dikehendaki.
  • Dari menu tersebut, kamu bisa memperbesar maupun mengecilkan rasio foto. Nantinya hal ini akan berpengaruh kepada ukuran file foto yang akan kamu simpan.
  • Selanjutnya, klik Oke. Sekarang fotomu sudah sesuai dengan resolusi yang kamu inginkan.
  • Terakhir, klik simpan atau tekan CTRL + S dari laptopmu, pilih format PNG atau JPG/JPEG, sesuai kebutuhanmu.

Kalau mau memperkecil ukuran file foto, bagaimana?

  • Masih dengan menu dan cara yang sama. Kamu tinggal menyeret tombol rasio dari 100% ke ukuran yang kamu kehendaki. Tapi, ingat! Sesuaikan juga dengan resolusi yang tertuang dalam angka pikselnya, ya.

menyimpan-foto-ukuran-rendah-di-photoscape-ozyalandika
Tutorial Menyimpan Foto Ukuran Kecil di Photoscape. Dok. Ozyalandika.com

  • Intinya, semakin kecil resolusi, maka semakin kecil pula ukuran foto sehingga kualitasnya juga semakin rendah.
  • Setelah selesai diubah, kamu tinggal klik “Oke”, lalu simpan.
  • Khusus pada format gambar/foto JPEG, kamu bisa mengecilkan ukuran foto menurut kualitasnya. Kalau mau ukuran foto lebih kecil, maka pilih saja kualitas rendah dengan ketetapan 70%.

Meskipun rendah, aku kira kualitasnya masih normal, terutama jika fotonya mau dipakai untuk keperluan unggah artikel di blog.

Ukuran ini juga berlaku pada file-file foto berupa scan KTP, buku rekening, NPWP, SIM, KK, Buku Nikah, SK, dan sejenisnya. Beberapa lembaga yang mengelola web pemerintah biasanya menetapkan ukuran maksimal untuk foto/gambar maksimal 200kb saja.

Maka dari itulah, aplikasi Photoscape aku kira sangat ampuh untuk menyelesaikan permasalahannya. Apalagi kalau kita sudah terbiasa memoto dokumen menggunakan Handphone. Biasanya ukuran foto dan piksel di Handphone itu lumayan besar, bahkan sampai 5.000kb.

Sangat besar, kan? daripada repot-repot mencari tukang fotokopi, atau bahkan menghubungi teman yang terkadang punya kesibukan sendiri, agaknya lebih baik kamu coba deh cara ubah ukuran dan resolusi foto menggunakan Photoscape.

Begitu saja, ya. Semoga bermanfaat. Kalo sekiranya berkenan, kamu juga boleh share artikel ini. Tapi, tolong, ya. Jangan diplagiat! Maklum, karya anak bangsa kan patut dihargai. Hehehe. Ya udah deh. Kepanjangan nih.
Salam.

2 komentar untuk "Tidak Sulit, Begini Tutorial Memperkecil Ukuran dan Resolusi Foto di Photoscape"